Saturday, May 28, 2016

Serba Serbi Game


Bicara soal game, Saya pribadi senang bermain game. hampir tiap hari saya bermain game di gadget maupun di laptop saya yang sebenarnya fungsi laptop dan gadget saya untuk mendukung kebutuhan saya dalam belajar. Tiada hari tanpa game, saya pernah melakukan Puasa 1 hari tanpa game dan rasanya seperti ada yang kurang seakan akan game sudah menjadi kebutuhan Primer saya hehehe. Tapi kecanduan game sangat tidak baik. Namun, pada hakikatnya game diciptakan untuk sarana hiburan. hanya bedanya pada jaman sekarang ini game rata-rata lebih dikembangkan secara virtual yang dimainkan menggunakan PC, Konsol dan mobile device. Tidak dengan kekurangan yang banyak orang tau tentang game, saya pribadi merasakan manfaat dari bermain video game diantaranya :

Mengasah Kemampuan Otak

Bermain game tentunya selain bertujuan untuk hiburan, kita juga ingin menyelesaikan permainan tersebut dengan hasil yang sempurna bukan ? Maka tidak jarang ada banyak pemain yang harus berpikir keras untuk menyelesaikan Puzze ataupun mengatur strategi. Seperti misalnya game yang sering saya mainkan yaitu Clash Of Clans.


Belajar Sejarah Lebih Mudah

Ketika saya mencoba bermain game Assassins Creed, beberapa pengetahuan sejarah mulai dari yang umum hingga detail bisa dipelajari melalui alur cerita ataupun karakter dalam game. Saya menjadi tahu tokoh terkenal Leonardo Da Vinci dari game Assassins Creed. di dalam game, leonardo da vinci dikenal sebagai perancang hebat yang mengantisipasi teknologi modern seperti sekarang telah dikembangkan, sebagai contoh di dalam game Leonardo da vinci merancang mesin terbang yang menyerupai burung. Dan pada jaman sekarang rancangan mesin terbang tersebut sudah dikembangkan menjadi Pesawat Terbang.


Belajar Bahasa Asing

Entah apapun game yang dimainkan, biasanya bahasa yang digunakan lama kelamaan akan dapat mengerti secara perlahan. Bahasa yang biasanya digunakan dalam game itu mayoritas bahasa inggris dan jepang. Apalagi jika memainkan game yang diangkat dari novel atau film, Biasanya akan banyak sekali cuplikan atau cutscene yang diperlihatkan.

Memperluas pertemanan

Semenjak saya masuk SMA, saya mengenal yang namanya game online. Tentunya bermain game online bersama teman ataupun orang lain baik yang satu negara maupun negara lain akan memperluas koneksi dengan orang-orang, apalagi jika sambil ngobrol atau chatting dalam bahasa asing pastinya dapat memperkaya pengetahuan tentang bahasa asing.
 

Memotivasi pemain

Selain memperluas pertemanan, ada manfaat yang dirasakan secara tidak langsung oleh pemain yaitu motivasi. Motivasi ini biasanya memicu pemain untuk menyelesaikan game tersebut dan secara tidak sadar peain akan mendalami karakter dan alur ceritanya. 
 

Menghasilkan uang

Hhmm, mungkin sebagian orang berpikiran jika Bermain game akan menghabiskan Uang. Tentu saja itu tergantung pemainnya, saya pribadi bermain game hanya untuk hiburan dan tidak pernah menggunakan uang sepersen pun. Karna, lebih baik uangnya masuk ke tabungan daripada dihamburkan untuk game. Saya bermain game untuk mengasah skill, kemampuan, ketelitian dan menjual sesuatu dari game ke orang-orang di warnet.hehehehe, Karna beberapa pemain sekarang justru menjadikan game sebagai ladang uangnya, seperti pada game online misalnya mereka menjual item atau gold di game yang didapatkan dengan hasil jerih payah sendiri. Lumayan bukan? Dan contoh konkrit lainnnya seperti pemain game Dota yang mengikuti kompetisi baik regional maupun Internasional mendapatkan hadiah yang tidak main-main nominalnya. 
 


Itu adalah manfaat dari bermain video game yang saya rasakan dan mungkin orang lain juga merasakannya. Namun, alangkah baiknya jika tidak terlalu sering bermain game. Karena, masih banyak aktivitas lainnya yang bisa dilakukan yang lebih menyehatkan dan lebih menyenangkan ketimbang berdiam diri di dalam rumah dengan bermain game seharian. 1 atau 2 jam bermain game dalam 1 hari itu sudah Cukup.

Referensi : www.kaskus.co.id (forum game)


EmoticonEmoticon