Monday, December 19, 2016

Bermain game Merugikan? Siapa Bilang!

        Selain asyik bermain game dan seru namun bermain game ada manfaat bagi kesehatan Mental dan beberapa manfaat yang dapat ditemukan dalam bermain game. Bermain Video Games atau apalah sebutan lainnya yang jelas sebuah permainan yang dimainkan pada sebuah perangkat gadget, baik komputer, laptop atau Playstation 4,3,2,1, Xbox, Nintendo dan lain-lain. Ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kemampuan berfikir otak, hal ini berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal utama American Psychological Association, American Psychologist. Yang lebih mencengangkan lagi bahkan games aksi (perang dan kekerasan) dan strategy lebih besar efek positifnya pada perkembangan kemampuan berfikir, kesehatan mental dan kehidupan sosial pada anak.

Sementara itu satu pandangan luas tetap bersikeras bahwa bermain video game menyebabkan kemalasan secara intelektual, Pada kenyataannya bermain game tersebut benar-benar dapat memperkuat berbagai keterampilan kognitif seperti navigasi spasial, penalaran, memori dan persepsi, menurut beberapa penelitian terakhir dalam artikel.

berikut saya rangkum beberapa Manfaat yang dapat ditemukan dalam bermain game :

1. Meningkatkan Kerja Otak (IQ & EQ) 

        Game memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, begitu juga dari pengembang game tidak asal dalam membuat sebuah game. Setiap game yang berlevel akan memicu cara berpikir dan memakai logika dalam memecahkan masalah di dalam game tersebut.
        Dan tidak hanya bermanfaat untuk IQ, game juga dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk menjaga emosinya.

2. Menghilangkan Stres

        Game menjadi salah satu senjata ampuh buat kamu yang gampang stres atau setelah melakukan aktivitas yang sangat menguras tenaga seperti rutinitas belajar.
        Seperti menjalani aktivitas di dunia yang berbeda, bermain game bisa membantu kamu sejenak melupakan masalah yang dihadapi di dunia nyata. Akan tetapi perlu diingat, jangan sampai masalah malah menjadi terbengkalai karena sibuk bermain game, ya kan sob

3. Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris

        Kalian tentu tahu, sebagian besar kata pengantar pada game menggunakan bahasa Inggris. Gaya bahasa yang digunakan pun beragam tergantung dengan genre game itu sendiri.
        Tentunya dengan begini, sobat  bisa menjadikan game sebagai salah satu sarana untuk belajar bahasa Inggris tanpa perlu harus mengambil kursus yang mungkin akan lebih mahal dibanding membeli game original.

4. Meningkatkan Semangat Positif

        Dalam bermain game, pasti ada kalah dan menang. Jika berhasil memenangkan, tentu hal tersebut akan menjadi sebuah pencapaian yang dibanggakan. Sebaliknya, jika kalah, Sobat  akan tertantang untuk kembali mencoba dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dibanding sebelumnya.

5. Menumbuhkan Kreativitas dan Kemampuan Problem Solving

Seseorang yang gemar bermain game biasanya memiliki kemampuan problem solving yang lebih luas. Tidak hanya untuk mencari cara-cara untuk menyelesaikan game dengan cara yang kreatif, bahkan beberapa gamers  dapat menemukan bug  yang mungkin tidak disadari para developer.


diatas merupakan manfaat dalam bermain game. namun, jangan sampai karna mengetahui manfaat dari bermain game sobat malah menghabiskan seluruh waktu hanya berdiam diri di depan console game tanpa melakukan aktivitas apapun. ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. bermain secukupnya, jangan kecanduan dalam bermain game. game merupakan hiburan, bukan ketekunan yang harus dilakukan setiap saat.
smoga tulisan ini dapat bermanfaat, sekian.

sumber : https://www.inigame.id/5-manfaat-bermain-game/
http://doktersehat.com/manfaat-main-game-bagi-kesehatan-mental/


EmoticonEmoticon