Thursday, December 22, 2016

Dampak negatif dari Bermain game. [BAHAYA] Wajib Baca!!

        Kalau sebelumnya telah membahas mengenai manfaat dari bermain game, maka pada postingan ini akan membahas kebalikan dari pembahasan yang lalu yaitu Kerugian dari bermain game. kenapa saya membuatnya seperti itu? karna di dunia ini tidak ada yang sempurna. ada kelebihan pasti ada pula kekurangannya. sebab, kesempurnaan hanya milik-Nya. #Asekk oh iya untuk sobat yang ketinggalan artikel sebelumnya mengenai manfaat dari game bisa klik disini.

        Tentunya untuk sobat sudah mengenal game, pastinya ga akan pernah ada habisnya dalam bermain game . dengan adanya game, pastinya akan membuat kita menjadi malas melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat. apalagi, sekarang sudah jamannya orang wajib punya gadget. menjadi lebih sulit lagi lepas dari pandangan teknologi.
        Dampak negatif dari game Ini sangat penting diketahui para sobat gamer, agar sobat mudah mengontrol durasi main gamenya, sebenarnya saya sendiri juga pecandu game, oleh sebab itu saya akan menulis dampak negatif bermain game, dampak negatif bermain game ini saya kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber-sumber lain yang saya kira masuk dalam kategori dampak negatif dari game. hehehe

1. Kurang tidur

        Kita sering lupa dengan kebutuhan primer yang satu ini, akibatnya dampak negatif kekurangan tidur mendatangi kita, kita akan kehilangaan kantuk pada saat terlalu asyik memainkan sebuah permainan.
 

2. Hidup kotor

        Kalau pengalaman ini saya dapatkan dari beberapa tempat rental game yang kebanyakan memang para penyewa selalu membuang sampah sembarangan, entah bekas jajanan atau yang paling mengganggu putung rokok dan abunya, bukan hanya di tempat rental, secara pribadi pun game juga berdampak negatif,orang akan malas mandi, mungin karena merasa lebih baik waktunya untuk main game saja wqwqwq

3. Isolasi diri

        Mengasingkan diri mungkin juga salah satu dampak negatif bermain game, jelas saja para gamer akan melas berkomunikasi kecuali dengan lawan main atau setaranya, mereka malas bersosial apalagi sekedar menengok tetangga, saya juga merasa begitu hehe…
Bahkan cenderung berpikir kedekatanya dengan para tokoh game maya lebih mengasyikan wqwqwq
 

4. Depresi

        Ini yang sangat dikhawatirkan, karena para gamer tidak akan merasa akan awal kedepresianya, mereka benar-benar tidak mengetahuinya sama sekali, rasa ini muncul sejalan dengan diperbudaknya para gamer akan mainan kesukaan mereka, kemanapun mereka pergi disitulah terbayang game hehe,,, ciye ciye,,,,wqwq

5. Stres

        Mungkin jika kita kalah bermain bias membuat adrenanlin meningkat atau kita menang dan terlalu gembira itu juga negatif sekali, kita bis stress karenanya. Kedua, seseorang menyadari bahwa hidupnya kacau karena video game. Ini menyebabkan stres juga. Satu-satunya cara orang untuk menghindari tipe stres kedua ini adalah dengan tetap bermain video game dan melupakan waktu.
 

6. Arthritis dan Carpal Tunnel Syndrome

Kalau ini saya dapet dari blog tetangga sebelah, entah penyakit apa itu, semoga kita sehat darinya hehe..
Kedua penyakit di atas adalah gangguan fisik. Video game bisa menyebabkan masalah pada jempol seseorang di kemudian hari. Tubuhnya juga rentan penyakit osteoarthritis. Sedangkan carpal tunnel syndrome adalah tekanan pada saraf di pergelangan tangan anda.
 

7. megnhilangkan nafsu makan

Udah gak usah panjang lebar, para pemain game pasti susdah disuruh makan, seakan tidak merasakan lapar, jadwal makan juga gk teratur, saya ini bukti nyatanya. Bahkan menurut survey saya para gamer akan suka makan makanan cepat saji, seperti mie dan jajan jajanan cemilan yang pasti kurang berkarbohidrat dan gizi
 

8. agresif

Mungkin karena terlalu berambisi memenangkan suatu permainan membuat para gamer sangat agresif dan ambisius, hal ini kemudian terbawa kedunnia nyata. Ini yang menyebabkan seseorang menampilkan pola-pola prilaku agresif yang tak biasa. Misalnya, marah besar jika aktivitas bermain video game mereka diganggu.
 

9. kwalitas hidup menurun

Pecandu video gama akan mencurahkan semua waktunya untuk aktif bermain video game. Dia hanya akan duduk atau berbaring dalam praktik kesehariannya. Kebiasaan makannya juga buruk, dan kebiasaan tidurnya kacau. Ini menyebabkan mereka mudah terkena stroke, penyakit jantung, dan hipertensi.

10. Berbohong

Berbohong adalah salah satu cara pecandu video game untuk menutupi perilaku abnormalnya. Ini adalah salah satu tanda seseorang telah kecanduan penuh oleh video game. Mereka akhirnya berbohong pada dirinya sendiri dan menyangkal bahwa mereka tak memiliki masalah sama sekali.
 

11. radiasi yang membuat mata kurang sehat

Sudah jelas sekali bahwa terlallu serinmenghadap laayar akan embuat mata sakit dan kurang sehat, radiasi yang diapncarkan, apaalgi jika terus menerus, mata akan sakit dan Nampak buram ketika melihat.
 

12. mudah lelah

Karena sering duduk dan hanya duduk, hal ini membuat para gamer jarang sekali braktifitas, hal seperti inilah yang kemudian membuat tubuh kita terbiasa dengan kerja ringan, jadi ketika kita melakukan aktifitas fisik, tubuh tidak siap menerima.


jika informasi diatas masih kurang membuat sobat sadar diri akan bahaya dari kecanduan game, sobat bisa lihat video dibawah ini. saya dapat dari youtube dengan rangkuman yang telah dirangkum oleh salah satu stasiun tv yaitu trans7 dalam acara on the spot mengenai pecandu game.

smoga, artikel ini bermanfaat bagi sobat dan saya sendiri. cukup sekian dan terimakasih telah mau berlama-lama membaca. ;)


EmoticonEmoticon