Friday, December 23, 2016

7 Game Karya Anak Bangsa! Unik, Lucu, Ngakak, Seru, dan Populer

Di era teknologi digital seperti sekarang, industri game merupakan salah satu peluang yang sangat menjanjikan. Siapa yang tidak kenal dengan game DotA (Defense of the Ancients) di platform PC atau Candy Crush di platform Android dan iOS? Tapi ternyata, orang Indonesia tidak hanya berperan sebagai konsumer game, lhoo. Banyak dari kita juga sebagai pengembangnya.
Penasaran, ‘kan, game seperti apa yang dibuat oleh anak bangsa yang kreatif? Ini dia game karya anak bangsa yang layak buat sobat mainkan, baik di platform PC maupun Android dan iOS.

1. Angkot The Game: Kudatang Lagi

Pengen tahu suka duka jadi supir angkot? Mainkan aja game ini. Angkot The Game: Kudatang Lagi adalah sekuel dari game berjudul Angkot The Game yang populer di Facebook. Game ini dikembangkan oleh pengembang asal Bandung, Oray Studios, yang berkolaborasi dengan pengembang Inmotion Digital.

Game ini dimulai dengan ucapan start khas Bandung: “Tarik, Mang!” Untuk menyelesaikan misi dalam game ini, pemain harus menaikkan dan menurunkan penumpang. Oh iya, sobat juga bisa memilih jenis dan warna mobil lho! Untuk menjajal versi betanya, sobat bisa langsung unduh di sini.

2. Trigger Knight 

Trigger Knight adalah game bertema running yang dikembangkan oleh Mintsphere. Game ini simpel tapi tidak membosankan dimainkan berulang kali karena fitur achievement dan tantangan yang diacak tiap harinya, di tambah dengan karakter yang imut dan musik yang keren. Meskipun sederhana, sobat tetap perlu menggunakan strategi untuk tetap selamat kalo mau sampai melawan naga.
Unduh game ini di Google Play, Apple App Store, dan Ovi Store. sobat juga bisa mencoba memainkannya di browser sobat.

3. MbakTin Ekstrak Kulit Manggis

Kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada game-nya!. Dengan judul yang merupakan plesetan dari merk ekstrak kulit manggis, game ini memang dimaksudkan sebagai parodi dari jingle iklan televisi yang fenomenal itu. MbakTin dikembangkan oleh 4 Game Studio dari Jogja: Amagine Interactive, Creacle Studio, Agate Jogja, dan Enthrean Studio. Keempatnya tergabung dalam Komunitas Gamelan.

Misi game ini adalah mengekstrak kulit manggis sebanyak-banyaknya sebelum waktu habis. sobat tinggal mengetuk-etukkan jarimu sesuai angka yang tertera di layar.

Unduh game ini di Google Play.

4. Klompencapir 

Buat anak 90-an, istilah klompencapir pasti gak asing lagi di telinga sobat. Eh, tapi yang ini bukan akronim dari Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa yang ngetren di era Orba lho. Klompencapir yang ini adalah game tebak-tebakan besutan Slab Games, pengembang yang digawangi oleh Hermanto dan Bona Akbar dan berlokasi di Denpasar, Bali.

Kalo sobat pernah memainkan game Quiz Parampaa, sobat pasti familiar dengan game lucu yang satu ini. Hati-hati, jangan sampai termakan pertanyaan yang menjebak ya!

Unduh game ini di Google Play.

5. INheritage: Boundary of Existence

Kita patut bangga sama game yang satu ini. INheritage: Boundary of Existence adalah game 2D side-scrolling shoot ‘em-up bergaya futuristik yang kental dengan nuansa Indonesia. Game yang dikembangkan oleh Tinker Games yang berbasis di Bandung ini memiliki alur cerita yang menarik, latar yang familiar, serta musik yang khas Indonesia. Game ini bahkan sampai merambah ke Negeri Sakura dan dialihbahasakan ke bahasa Jepang.

Unduh game ini di Apple App Store.

6. Faunia Rancher

Kalo sobat suka game bertema simulasi semacam FarmVille, game karya Artoncode ini bisa jadi pilihanmu mengisi waktu senggang. Di Faunia Rancher, sobat bertanggung jawab mengelola peternakan yang berisi monster-monster imut. sobat harus memberi mereka makan, membersihkan kandang, dan mengajaknya bertualang di dalam dungeon.

sobat bisa mengunduhnya di Apple App Store. Untuk versi Androidnya, harap bersabar ya!

7. Ghaib 

Game karya Satria Dewantoro, mahasiswa ITB angkatan 2009, ini terbilang unik. Lewat genre 3D first-person survival horror, sobat diajak untuk menjelajah antah berantah untuk menyelamatkan Alya, adik dari Ikrar si tokoh utama. Siapkan nyali sobat, karena sobat akan berhadapan dengan hantu-hantu khas Indonesia seperti kuntilanak, pocong dan palasik, plus suara yang bikin bulu kudukmu berdiri.

Yang unik, sobat harus membaca ayat-ayat suci Al-Quran untuk menghalau setan-setan yang mengejarmu lewat mikrofon komputermu. Jadi, kamu gak bisa memainkannya kalo gak tau cara membacanya.

Langsung unduh gamenya secara gratis disitus resminya.


cukup sampai disini dulu, sebenarnya masih ada lagi beberapa game indie buatan anak bangsa. namun daripada kepanjangan postingannya, saya potong sampai disini dulu yaa. nantikan postingan selanjutnya. smoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon