Sunday, December 11, 2016

Game Theory : Komponen yang harus ada pada Game

        Pada postingan sebelumnya, sudah membahas tentang konsep dasar game dari segi pengertian game itu sendiri sampai pada jenis-jenis genre yang ada pada game tersebut. Jika Sobat belum membaca postingan sebelumnya tentang konsep dasar game, sobat bisa klik disini. Teori dari Game masih belum selesai sampai situ saja, game tidak akan memuaskan jika komponen yang ada di dalamnya masih cacat atau belum sempurna.

Komponen-Komponen game

Game memiliki 5 komponen penting yaitu:

a. Fitur

        Fitur  merupakan  hal  yang  bisa  membedakan  setiap game yang  ada.  Fitur  juga bisa  menggambarkan  jalan  cerita  game kedalam  bentuk-bentuk  yang  dapat  dilihat maupun dirasakan.  bisa diartikan juga sebagai aspek, kualitas, atau ciri khas yang menonjol sehingga menjadi daya tarik sesuatu game yang dibuat.

 b. Gameplay

        Gameplay adalah cara tertentu di mana pemain game berinteraksi dengan permainan. Gameplay adalah pola yang ditetapkan melalui peraturan dalam permainan, plot, dan hubungan antara pemain dengan permainan di mana pemain mengatasi tantangan dalam game. Gameplay membantu  pengembang  game untuk  mengetahui  cara  kerja suatu game, dimana fitur-fitur yang ada akan membentuk suatu gameplay.

c. Interface

        Interface merupakan  semua  tampilan  yang  ada  dalam  suatu  game.  Sebuah interface yang baik adalah interface yang tidak membosankan dan memudahkan pemain game.  Interface dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Interface  berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara berurutan  sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem.

d. Aturan/Rules

        Aturan-aturan adalah pusat dari Game. Sebuah game memiliki sistem di mana para pemain terlibat dalam sebuah konflik buatan yang ditetapkan oleh aturan-aturan yang menghasilkan sesuatu yang dapat diukur. Aturan dalam game penting, karena aturan menetapkan mekanisme permainan, namun bukan permainan itu sendiri. Maksudnya adalah aturan menentukan batas-batas antara menang dan kalah, namun untuk mencapai kemenangan tersebut, pemain bisa dengan kreatif mencapainya.

e. Desain Level

        Desain level mencakup style, background, dan jalan cerita dari sebuah game. Design merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu. Seorang perancang atau orang yang mendesain sesuatu disebut desainer, namun desainer lebih lekat kaitannya dengan profesional yang bekerja dilingkup desain yang bekerja untuk merancang sesuatu yang menggabungkan atau bereksplorasi dalam hal estetika dan teknologi.


Sekian, pembahasan mengenai konsep yang ada pada game. smoga bermanfaat.

1 comments so far


EmoticonEmoticon