Thursday, December 8, 2016

Game Theory : Konsep Dasar Game

        Menjelang hari libur sekolah setelah ujian, demi mengisi waktu luang di hari libur baik remaja maupun dewasa bahkan anak-anak sekalipun Suka menghabiskan waktunya dengan bermain game. pada zaman sekarang telah marak sekali game online yang bisa dimainkan dimana saja asalkan memiliki koneksi internet dan tentunya dengan jaringan yang stabil. daripada cuma asik bermain game tanpa tau konsep awal dalam game itu seperti apa, lebih baik simak terus tulisan ini. 

Konsep Dasar Game

        Pengertian Game

        Game adalah sebuah permainan komputer interaktif yang di kendalikan oleh mikroprosesor. Komputer dapat menciptakan bahan-bahan maya untuk digunakan dalam sebuah permainan seperti kartu dan dadu.Sebuah permainan komputer atau video game menggunakan satu atau lebih alat input,  biasanya sebuah tombol atau kombinasi dari joystick, sebuah keyboard dan mouse dan  trackball atau sebuah controller ataupun sebuah alat yang mempunyai sensor gerak. 
        Sebuah video game adalah permainan yang biasanya melibatkan player berinteraksi dengan alat pengendali atau  controller untuk menghasilkan umpan balik secara visual dalam sebuah layar video. Video game biasanya juga mempunyai sistem pemberian hadiah yang diberikan kepada pemain apabila menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang berada didalam aturan atau rule set game tersebut. Tipe-tipe peralatan elektronik dimana video game dapat dimainkan disebut dengan platform dan contoh dari platform adalah PC (personal komputer) dan mesin video game (video game console). Video game juga hadir dalam semua tingkatan teknologi mulai dari komputer sampai dengan peralatan genggam seperti handphone dan PDA.
        Selain  elemen  dasar  dari  umpan  balik  berbasis  video,  video  game  juga menggunakan  banyak  system  lain  untuk  menyediakan  interaksi  dan  informasi  kepada pemain.  Contoh  umumnya  adalah  penggunaan  system  audio  (speaker) dan  peralatan interaktif seperti umpan balik dengan getaran.

        Pengertian PC game

        Sebuah  personal  komputer  adalah  sebuah  microkomputer yang  harganya, ukurannya,  dan kemampuannya sesuai  untuk  individual.  Istilah PC di  populerkan  oleh Apple dengan Apple II nya  pada  awal  tahun  1980an,  dan  setelah itu  oleh IBM dengan IBM Personal Komputer. Personal Komputer juga dikenal sebagai komputer rumah. PC game merupakan game yang dimainkan pada  sebuah personal komputer (PC). Sebuah PC  game membutuhkan  sebuah  sistem  operasi  seperti  Windows,  Linux ataupun  Macuntuk  menjalankannya.  Sistem  operasi  yang  paling  populer  untuk  memainkan  gameadalah Microsoft Windows.

         Jenis-jenis game (Genre)

        Video game secara umum dikategori-kategorikan kedalam genre. Karena kurangnya penyetujuan syarat atas genre atau kriteria untuk definisi sebuah genre, klasifikasi dari game menjadi tidak  konsisten atau sistematis.
        Dibawah ini merupakan daftar genre-genre yang sering dimainkan orang. Banyak dari kategori game dibawah ini bertabrakan satu sama lainnya, contohnya pada game Legend of Zelda yang mempunyai elemen action, adventure, dan role-playing.
  1. Action
  2. Action-adventure
  3. First-person shooter
  4. Fighting
  5. Beat 'em up
  6. Role-Playing
  7. Massively Multiplayer Online Games
  8. Platform game
  9. Simulation Games
  10. Racing
  11. Sports 
sekian pembahasan pada konsep dasar dari teori game, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon