Monday, April 10, 2017

Web Science : Rekayasa Web

Referensi Dan Identitas

    A. Dua Objek Dikatakan Sama
         Suatu objek dikatakan sama dengan objek lainnya jika pada kedua objek tersebut memiliki nama yang sama dan merujuk kepada hal-hal yang sama.

    B. Dua Halaman Dikatakan Sama
         Jika suatu teks dari suatu halaman web di salin oleh seseorang dan di letakkan pada web miliknya dengan susunan atau struktur teks yang terdapat dalam kode-kode HTML, hal ini dapat dikatakan kedua halaman tersebut berbeda. Namun jika berdasarkan pada Hak Cipta, maka teks yang disalin tersebut termasuk ke dalam kategori plagiarisme.

Rekayasa Web

Pertumbuhan Web jelas menjadi sesuatu yang paling diinginkan. Penyimpanan dengan jumlah lebih besar dari informasi, dalam konteks komputasi yang lebih cepat, akan menjadi sangat penting pada masa mendatang. Permintaan besar untuk layanan personalisasi dan pencarian akan memberikan tekanan pada sistem. Perluasan cakupan pencarian untuk mencakup item seperti multimedia, jasa atau komponen ontologi, juga akan membutuhkan pengejaran program penelitian akademik, interface yang efektif, dan model bisnis yang masuk akal sebelum layanan komersial mulai beroperasi. Pengembangan pendekatan untuk memanfaatkan Web harus diperluas menjadi lingkungan Web baru yang diciptakan (seperti Web P2P, misalnya).

Layanan Web

Layanan Web merupakan proses distribusi penggalan kode yang di tulis untuk memecahkan suatu permasalahan, serta dapat berkomunikasi dengan layanan yang telah disediakan. Metode penggambaran dari suatu layanan dapat berupa WS-Net, proses aljabar, BPEL4WS, dan lainnya.

Multimedia

Web merupakan multimedia, yang dibuat untuk kompleks semantic. Ini tentu bukan masalah yang unik ke Web. Meta-reasoning (Penalaran tentang sifat penalaran itu sendiri) dan Epistemology (Ilmu tentang sifat) sering menganggap media tekstual, meskipun sebenarnya banyak pertimbangan dalam bentuk analogy. Sebagai contoh ahli sering menggunakan diagram untuk mengekpresikan pengetahuan mereka. Beberapa peneliti telah mencoba untuk menemukan prinsip-prinsip yang mungkin mendasari penalaran diagramatik. Telah ada juga aplikasi penting untuk decoding representasi visual untuk gangguan penglihatan dan koleksi gambar visualisasi terhadap ontologi domain. Pada akhirnya, integrasi representasi multimodal dari adegan yang sama atau badan adalah masalah yang sangat parah. Secara umum, itu tidak diketahui bagaimana mengambil semantik dari representasi non-tekstual handal; fenomena ini disebut sebagai semantic gap (semantik kesenjangan).

Personalia

Untuk mendapatkan personalisasi yang efektif, harus ada pemanfaatan informasi yang terintegrasi dari berbagai sumber, termasuk data tentang pengguna (data meng-klik, pola mendownload, profile online), sumber daya yang dikirim (konten, struktur situs) dan pengetahuan domain, bersama dengan teknik penggalian data untuk membuat pandangan menyeluruh dari sumber daya yang meliputi sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan pengguna. Bagian terpenting lainnya dari teknik personalisasi adalah pengembangan alat yang memungkinkan pengguna barunya menciptakan atau menigkatkan kemudahan sesuatu yang kompleks.


EmoticonEmoticon