Saturday, May 13, 2017

Web Science : Analisis Web

Analisis Web

Analisis Web merupakan suatu web yang akan dibuat serta dikembangkan. Keuntungan dari analisis Web sendiri adalah pada contohnya, dapat menghitung statistik kepadataan pengunjung yang datang setiap harinya dan dapat dipantau setiap saat.

Contoh Analisis Web :

Sebagai contoh dalam menganalisa web mari kita ambil contoh dari Facebook .Jika anda mengikuti perkembangannya dan senatiasa memperhatikannya maka jika anda cermati baik tampilan,sistem keamanan dan kecepatan aksesnya dari waktu ke waktu semakin berubah.

Bisa sobat lihat perbadaan tampilan-tampilan yang semakin lama berubah hingga sampai saat ini tampilan facebook menjadi semakin kompleks dan terlihat keren.2004 tampilan sangat standar dan minim sekali tombol menu-menu yang merujuk ke link lain,namun di 2012 bisa di lihat terdapat banyak menu-menu yang di dalamnya terdapat sub menu lagi yang merujuk ke link lain.Kenapa website seperti facebook terus melakukan perubahan,karena perusahaan tersebut selalu menganalisa produk mereka (facebook) yang di analisa berupa tingkat keamanan dan juga perilaku dari para penggunanya serta masukan-masukan pengguna facebook sehingga jika ingin terus eksis sebagai social media yang di gemari banyak orang facebook harus terus di lakukan update-update guna memenuhi keinginan para penggunanya agar semakin puas.Dari segi keaman juga di tingkatan dengan di persulitnya ketika seseorang lupa akun,hal ini di antisipasi karena dari lupa akun orang yang tidak memiliki izin dahulu dapat membobol akun tersebut,sekarang di persulit dengan beberapa verifikasi-verifikasi identitas untuk memasitkannya dan juga facebook juga lebih berhati-hati dalam bidang keamanan karena dahulu pernah terdapat kasus spamlink.

Struktur Web

Struktur Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang web designer. Dalam suatu organisasi apapun, pasti memiliki struktur organisasi. Organisasi situs web mengatur bagaimana hubungan antar halaman web, sehingga membuat pengunjung situs menjadi nyaman.

Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
  1. Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
  2. Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
  3. Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
  4. Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs
Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
  1. Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
  2. Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
  3. Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
  4. Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs .

Teori Graf

Merupakan hal basic atau ilmu dasar untuk menganalisa web. Contohnya adalah mengamati path (jalur antara link satu ke link selanjutnya). 
Contoh path : contoh path seperti alur ketika kita ingin memulai bermain sosial media facebook maka urutannya adalah sebagai berikut jika di urutkan stepnya dari awal DAFTAR > VERIFIKASI EMAIL > LOGIN AKUN > TOUR PETUNJUK PENGGUNAAN FACEBOOK.

Dasi Kupu-kupu

SSC (Strongly Connected Cluster) jalur protocol. Link masuk jadi satu kesatuan yang kuat sedangkan link keluar terlepas dari kesatuan tersebut. In: Link yang terhubung langsung dengan SCC tapi SCC tidak bisa balik lagi ke link tersebut. Out: Contoh (Sharing suatu berita berupa link). Menganalisa perilaku dari link akun fb. Keamanan data jadi suatu prioritas dari pihak fb semenjak adanya spamlink.

Ilmu statistika 1 dan 2 adalah ilmu basic untuk menghitung kegiatan yang dilakukan dalam suatu web.


EmoticonEmoticon