Thursday, October 13, 2016

Perbedaan Antara Windows x86 dan Windows x64

        Bagi kamu pemngguna PC berbasis sistem operasi windows, mengetahui perbedaan antara windows x86 dan x64 adalah hal yang cukup penting jika dihubungkan dengan instalasi driver,
pemilihan program dan perangkat memory. Dengan mengenali nilai bit dalam sistem operasi, maka kita akan lebih mudah menentukan kinerja Sebuah PC.

Cara Mengetahui Windows x86 atau x64

        Jika kamu masih belum tahu dengan tipe sistem operasi Windows yang kamu gunakan, maka kamu dapat melakukan cek dengan cara : Pilih Start Menu > Run. ketik "msinfo32" tanpa tanda petik kemudian klik OK. maka akan muncul sebuah jendela berisi sistem informasi PC kamu. kamu bisa melihatnya pada bagian "System Summary". Disana akan tertera tipe Windows, apakah x64 atau x86.

Windows x86 = 32 bit
Windows x64 = 64 bit

jangan salah menyebutkan, karena tidak ada Windows x32. yang ada saat ini hanyalah windows x86 dan x64. Windows x86 seringkali salah disebutkan menjadi win x32. karena memang win x86 adalah sama dengan edisi 32 bit, sementara win x64 itu sama dengan 64 bit.

dilihat dari Segi Memory

        dapat dilihat dari batasan penggunaan RAM maksimal pada suatu komputer. Pada x86 yang biasa disebut dengan windows 32 bit memiliki penggunaan RAM yang dibatasi
hingga 4 GB. Dengan kata lain jika RAM yang dipasang pada komputer dengan windows 32 bit lebih dari 4 GB maka yang berfungsi hanyalah sebesar 4GB saja, maka sisanya tidak dapat digunakan (Mubazir). Sedangkan pada x64 memiliki batasan penggunaan RAM hingga 192 GB. Pola arsitektur yang berbeda pada x86 dan x64 membuat pola perbedaan lebar jalur pemrosesan. pada x64, jalur yang lebih lebar dapat membuat sistem ini menangani memory (RAM) Lebih dari 2GB, dimana hal ini tidak dapat dilakukan oleh win x86. Untuk menjalankan aplikasi berat dan lebih baru, pilihan menggunakan x64 merupakan yang lebih baik dibandingkan dengan x86. Pada sistem operasi windows 7, Sistem x86 hanya akan mendukung memory hingga 3GB saja.


Tips Untuk Kamu!

        jika kamu adalah pengguna komputer yang biasa-biasa aja. maka menggunakan windows x86 (32 bit) sudah dirasa cukup. Hanya saja perlu diingat bahwa setiap kali kamu menginstall driver perangkat PC kamu melalui website resmi vendor komputer, pastikan dulu bahwa kamu memiliki tipe yang sama  dengan windowsnya. contoh jika kamu windows x86, unduh atau instal aplikasi driver versi x86 bukan x64. dan jangan bingung dengan mencari aplikasi untuk win x32 karena x32 tidak ada. Ingat bahwa x86 = 32 bit.

Sebaliknya, Jika kamu menggunakan windows x64, maka kamu tentu saja harus memilih aplikasi  yang memiliki basis x64 agar dapat dijalankan pada perangkat PC kesayangan.


Dengan mengetahui perbedaan x86 dan x64 tentu kita akan dapat memilih CPU yang tepat bagi komputer kita tergantung dari penggunaannya. Tentu jika digunakan untuk hal – hal yang sangat berat, maka pilihan terhadap x64 lebih tepat. namun, dilihat kembali dari segi Memory yang ada pada spec PC kamu. tidak usah memaksa, yang spesial belum tentu istimewa kok. Martabak telor  contohnya.. :D hehehe

terimakasih, menyempatkan diri untuk membaca di blog ini. semoga informasi diatas bermanfaat untuk pembaca.